Rabu, 28 Agustus 2013

INTERNET DAN INTRANET


INTERNET 

  Internet merupakan hubungan antara perangkat komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, dan lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking.
            Adanya internet, beragam manfaat dapat dirasakan. Proses komunikasi yang mudah diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yang cepat tanpa memakan waktu lama, dapat menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yang semakin menjamur. Serta berbagai alternatif canggih yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, untuk menikmati beragam fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, diperlukan media penyelenggara jasa internet yang biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia adalah Telkomnet Instandari Telkom.

            Dampak negatif internet
1)    Penipuan
Penipuan terbilah cukup marak terjadi di internet, hal ini terjadi di karenakan adanya kemudahan transaksi tanpa-tatap muka yang kemudian berujung pada mudahnya seseorang di tibu oleh orang lain.

2)    Mengabaikan kehidupan sosial.
Adakalanya seseorang yang telah kecanduan internet, bisa saja menghiraukan social disekelilingnya, orang tersebut bisa terpaku seharian di internet tanpa tahu apa yang ada di lingkunagnnya, hal ini memang cukup berbahaya jika terjadi, untuk itulah jia anda seorang netter, sebisa mungkin luangkan waktu untuk sekedar berbincang masyrakatsekitar.

3)   Cracking
Sebuah usaha untuk memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan tujuan untuk mencuri, mengedit bahkan menghancurkan data-tada yang tersimpan disuatu jaringan.

4)    Carding
Ini merupakan cara untuk berbelanja dengan menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya pelaku mencuri data-data korban melalui internet.


INTRANET

      Intranet adalah jaringan komputer-komputer yang slaing tersambung digunakkan suatu sistem organisasi. Misalnya jaringan komputer-komputer PT.Telkom seluruh indonesia. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, sama seperti internet tetpai layanannya terbatas, tidak seluasdan seberagam di internet.
            Antar intranet dapat saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dalam satu jaringan intranet. 

Kegunaan intranet :
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database.
2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya.

3. hemat, karena penggunaan sebuah perangkat keras dan perangkat lunak dapat dilakukan secara bersama-sama.


Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :
§  Intranet tidak harus terhubung ke Internet. Namun, bergerak mail dan informasi lainnya melalui Internet kepada klien dan mitra sangat diinginkan, sehingga koneksi internet bagus, tapi tidak perlu.
§  Menggunakan intranet dan Web konsep teknologi internet. Namun, informasi Anda aman dikelola di dalam organisasi Anda. Masalah keamanan masih penting, namun, karena Anda bisa menderita kebocoran keamanan internal.
Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain :
§  Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
§  Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
§  Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
§  Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
§  Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar