Senin, 10 Februari 2014

Pidato Lingkungan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Lama kagak ketemu dah. Nah kali ini ane mau share tugas bahasa indonesia ane nih. Yah ane cuma pengen nge-share aja. Kalu ente-ente mau ngopy, monggo... Semoga bermanfaat !

Aspek  : Menulis
KD      :12.2 Menulis teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.

KERANGKA PIDATO
Tema   : Lingkungan
Topik  : Pencemaran Air Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup

             A. Pembukaan 
1)     Ucapan salam pembuka
2)     Kata sapaan hormat
3)     Kata ucapan puji syukur
4)     Ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara
5)     Menyampaikan topik pidato

B. Isi Pidato
1)     Pengertian Pencemaran Air
2)     Pencemaran Air oleh Limbah Rumah Tangga
3)     Pencemaran Air oleh Limbah Industri
4)     Pencemaran Air oleh Limbah Pertanian
5)     Pencemaran Air oleh Kegiatan Pertambangan
6)     Dampak Pencemaran Air Terhadap Makhluk Hidup
7)     Penanggulangan Pencemaran Air

C. Penutup
1)     Simpulan
2)     Pesan/harapan/ajakan
3)     Ucapan permintaan maaf
4)     Ucapan terima kasih atas perhatiannya
5)     Ucapan salam penutup

PIDATO PENGARAHAN
PENCEMARAN AIR BAGI KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP
SMP N 3 BATANG
TAHUN 2014

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang Terhormat Kepala SMP N 3 Batang
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru serta staff Tata Usaha SMP N 3 Batang
dan teman-teman yang saya cintai.
            Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.
           Saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, karena telah memberikan saya kesempatan untuk berpidato. Dan saya ucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini.
            Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan topik “Pencemaran Air Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup”.
            Hadirin yang berbahagia.
            Air merupakan komponen penting dalam kehidupan. Air sebagai sumber daya alam sangat penting dan mutlak diperlukan semua makhluk hidup, termasuk manusia. Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air menurun yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi lagi dengan baik.
           Pencemaran air dapat bersumber dari limbah rumah tangga, industri maupun limbah pertanian. Limbah rumah tangga biasanya berasal dari sampah-sampah an-organik, air sabun, air bekas cucian, dan lain sebagainya yang mengandung zat kimia yang dibuang sembarangan ke sumber air.
            Penyebab kedua adalah limbah industri. Limbah industri berasal dari sisa produksi pabrik-pabrik yang biasanya tidak dimanfaatkan kembali. Pabrik-pabrik yang beroperasi di banyak tempat seringkali tidak memperhatikan kesehatan lingkungan di sekitarnya.
            Penggunaan pupuk yang berlebihan dalam kegiatan pertanian dapat mencemari perairan karena pada saat hujan pupuk yang berlebihan tersebut ikut hanyut ke sungai, sehingga tanah didalamnya subur tanaman pun juga cepat tumbuh. Sehingga tingkat oksigen pada malam hari menurun, mengakibatkan organisme dapat mati.
            Selain ketiga penghasil utama limbah pencemar air di atas, masih ada satu sumber limbah yang berakibat fatal terhadap organisme di perairan, yaitu tumpahan minyak yang disebabakan karena kebocoran dari minyak bawah laut. 
            Pencemaran air berdampak luas, misalnya dapat meracuni sumber air minum, meracuni makanan hewan, dan dapat membunuh organisme dalam air sehingga akan mengakibatkan ekosistem tidak seimbang.
            Pencemaran limbah ke perairan perlu diperhatikan dan diantisipasi dengan baik, terutama terhadap air sungai. Membuang sampah di tempatnya, mengolah limbah industri dengan baik, penggunaan pupuk organik dan kompos sebagai pengganti pupuk buatan pabrik merupakan alternatif tepat untuk mengurangi pencemaran air dan mengupayakan pencegahan tumpahan minyak di laut sebelum menimbulkan dampak yang luas serta seminimal mungkin menghasilkan limbah.
            Dari ulasan diatas, kita dapat simpulkan bahwa air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup. Air yang kualitasnya buruk akan mengakibatkan kondisi lingkungan hidup menjadi buruk sehingga akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan keselamatan manusia serta kehidupan makhluk hidup lainnya. Air sebagai komponen sumber daya alam yang sangat penting maka harus dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kesejahteraan makhluk hidup.
            Maka dari itu, kita harus menjaga kelestarian air agar tetap bersih dan murni . Sikap yang harus kita tanamkan dalam diri kita adalah sikap cinta lingkungan. Dengan adanya sikap tersebut, maka kelangsungan hidup makhluk hidup akan lebih terjamin.     
            Kiranya cukup sampai disini pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Untuk segala kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan dihati hadirin, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata terima ksih.
            Wabillahi taufik walhidayah.
            Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar